Kamis, 14 Juni 2012

Sedikit Mengenal OneNote



 
            Microsoft Office OneNote yang biasa disingkat dengan OneNote (untuk mempersingkat bacaan) ini merupakan salah satu aplikasi yang disediakan khusus untuk pencatatan sesuatu yang penting  yang terlintas dalam pikiran kita. OneNote ini bisa disebut diary karena aplikasi ini mempunyai fungsi seperti fungsi diary yaitu menyimpan catatan bahkan data-data yang dirasa penting juga bisa disimpan dalam aplikasi tersebut. Bagi yang mempunyai hobi menulis, aplikasi ini sangat membantu dalam penyimpanan hasil yang telah dituliskan. Jika kita lupa dimana kita menyimpan file-file yang telah disimpan maka ia tidak usah searching tapi hanya membuka OneNote maka akan ketemu sesuai dengan yang dicarinya.

            OneNote mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:
1.        Semua catatan dikelompokkan dalam satu tab(section) dan dalam satu tab terdiri dari beberapa halaman  yang memudahkan kita dalam mengorganisasikan semua catatan sehingga kita dengan mudah mendapatkannya.
2.        Kita bisa menuliskan banyak catatan di halaman OneNote dimanapun letaknya tanpa takut akan kehabisan halaman.
3.        Kita bisa menggunakan foto, video, gambar atau file-file lainnya melalui insert. Video dan rekaman lainnya bisa diputar ulang kapanpun kita mau.
4.        Semua catatan yang telah kita buat terkumpul jadi satu sehingga memudahkan kita untuk mencarinya, berbeda dengan Word yang semakin banyak catatan maka akan semakin banyak file yang tersimpan sehingga kita kesulitan dalam mencarinya.
5.        Kita bisa bekerjasama untuk membuat catatan dengan komputer yang berbeda, karena dalam OneNote terdapat aplikasi “Shared” yang berfungsi untuk menyalurkan data dari satu komputer ke komputer yang lain, dengan syarat ada satu komputer yang menjadi server sedangkan yang lainnya sebagai penerima data yang dirim oleh server.
6.        Kita tidak perlu menyimpan catatan yang telah kita catat dengan menggunakan menu  save” karena OneNote tersebut bisa menyimpan data secara otomatis. Jadi, kita tidak usah khawatir apakah catatan kita sudah tersimpan atau belum.
Pada asalnya menggunakan OneNote itu sama mudahnya dengan menggunakan microsoft yang lainnya, misalnya: Ms. Office Word, Ms. Office Exel, Ms. Power Point bahkan kita akan lebih mudah bila menggunakan OneNote karena beberapa kelebihan yang dimilikinya.

                                                                                  Oleh: Mari’atul Qiftiyah
                                                                                     (09060126)  
    Mahasiswi PUTM Pi, Yogyakarta.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar